Xiaomi MIX, Smartphone Bebas Bezel

Xiaomi menggebrak dunia smartphone dengan acara peluncuran di Beijing hari ini dengan memperkenalkan smartphone terbarunya yakni Xiaomi Mi Mix. Dari sekian banyak keunggulan dan spesifikasi teknisnya, slaah satu yang banyak dipuji adalah konsep desain dari Xiaomi Mi Mix yang berhasil mencuri perhatian pasar.
Selain elegan, indah, konsep desain bebas dari bezel di smartphone ini beberapa pihak berpendapat bahwa Xiaomi Mi Mix bisa menyabet predikat “The Best Looking Phone 2016”. Berlebihankah? Tidak juga, karena memang nyatanya Xiaomi Mi Mix memiliki desain yang baru yang memang layak untuk mendapatkan predikat tersebut.

Seperti dilansir dari TheNextweb, Xiaomi Mi Mix adalah smartphone paling indah yang pernah dibuat oleh Xiaomi. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Philippe Starck, sebuah perusahaan titan dalam dunia desain produk, Xiaomi Mi Mix memiliki fitur layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2040 pixels dengan tingkat kerapatan layar ~362 ppi pixel density. Xiaomi Mi Mix memiliki bodi yang ramping seluruhnya terbuat dari keramik dan bebas dari bezel pada tiga sisinya.

Smartphone ini memiliki rasio layar sebesar 91,3%, yang dianggap “cukup gila” jika Anda memperbandingkan rasio layar pada handset lain yang tersedia saat ini seperti misalnya iPhone 7 Plus yang datang dengan rasio layar 67,7%, sedangkan Google Pixel XL hanya memiliki rasio layar 71,2%. Untuk mencapai itu, perusahaan mengatakan itu membuang speaker earpiece fisik dan sensor yang biasanya menempati bezel di bagian atas.

Sebaliknya, Xiaomi Mi Mix menggantinya dengan piezoelektrik ceramic driver untuk earpiece-nya dan sensor sidik jari dengan memanfaatkan sensor ultrasonik, yang keduanya tersembunyi dan tertanam di balik layar. Jadi benar-benar tidak ada bezel dan tombol fisik apapun di bagian depan smartphone, dan bagian depan nyaris full layar.

Kebanyakan orang terutama memperhatikan ukuran layar (diagonal, atau besaran layar) dari perangkat, namun diagonal hanya memberitahu Anda seberapa besar dari layar, dan tidak seberapa besar perangkat. Sebenarnya ada hal yang cukup mendasar yang berkaitan dengan layar yakkni bezel dan rasio layar dengan bodi smartphone. 

Hal ini dapat menjadi sangat penting di mana seringkali sulit untuk memahami dan membandingkan bagaimana perangkat benar-benar bisa tampil dengan bezel yang makin tipis, sehingga Anda benar-benar memegang sebuah perangkat yang unik dengan layar “penuh”. Lalu seperti apa perbandingan rasio layar dengan bodi di Mi Mix?

Display untuk rasio tubuh adalah data sederhana yang memberitahu Anda berapa banyak ruang yang terpakai di permukaan layar yang dibandingkan dengan dimensi seluruh perangkat. Sebagai contoh, sebuah perangkat dengan rasio 70% akan memiliki banyak ruang yang terpakai di bagian depannya untuk layar hanya 70% untuk layar, dan menyisakan 30% ruang lainnya untuk bezel, bagian tombol dan sebagainya. Di sisi lain, perangkat dengan rasio layar dan bodi mendekati angka rasio 100% akan memiliki tubuh bebas bezel dan tanpa tombol apapun di bagian depannya.

Metrik ini sangat penting ketika mempertimbangkan sebuah konsep canggih dan apiknya sebuah ponsel layar lapang. Sebagai produsen yang secara konsisten merilis jajaran smartphone dengan ukuran yang cukup lapang , tentu faktor rasio layar dan bodi ini sangat penting.

Sementara itu, Xiaomi Mi Mix menempatkan modul kamera depan di bagian bawah perangkat. Sehingga jika ingin digunakan untuk selfie, hanya tinggal diputar saja. Desain penempatan modul kamera depan yang tidak umum ini terpaksa dilakukan oleh Xiaomi mengingat bahwa untuk mencapai desain unik di Mi Mix, Xiaomi harus mencari cara untuk menyisipkan modul kamera depan tanpa mengganggu sisi ekstetika smartphone tersebut. Penempatan modul kamera depan di bagian bawah itu, nyatanya hanya membutuhkan setengah ruang dari yang kamera depan biasa butuhkan. Jadi lebih hemat tempat. Selain itu, Xiaomi Mi Mix juga akan mengadopsi tombol navigasi virtual on-screen.

Di sisi kinerja, Xiaomi Mi Mix mengandalkan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 821, Mix didampingi dengan RAM sebesar 6GB serta dua varian ruang penyimpanan internal. Di sisi fotografi Xiaomi Mi Mix mengandalkan kamera belakang 16 megapiksel. Di sektor audio telah ditunjang dengan pengolah audio HD berspesifikasi 192KHz/24 bit. Tak hanya itu, pada sekeliling sensor kamera dan juga fingerprint dan dibekali dengan keping emas bernilai 18 karat.

Adapun smartphone ini dapat dibeli melalui pemesanan online di Tiongkok mulai dibuka hari ini dengan harga masing-masing setara dengan Rp. 6,7 juta untuk Mi Mix versi ROM 128GB dan Rp. 7,6 juta untuk penyimpanan internal (ROM) versi 256GB. Sejauh ini Xiaomi belum mengumumkan perihal kapan Xiaomi Mi Mix akan tersedia untuk pasar di luar Tiongkok. (Nariswari)

Sumber: tabloipulsa.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com